Thursday 7 November 2013

Olahraga mata saat di depan komputer


Kalau mata terlalu sering tegang, bisa menyebabkan sakit kepala tak tertahankan, kelelahan, pandangan kabur dan kehilangan kemampuan untuk fokus pada suatu objek. Penyebab paling umum terjadinya ketegangan mata adalah menatap layar perangkat digital seperti komputer, smartphone, tablet atau video. Ketegangan mata akibat perangkat elektronik digital dikenal dengan computer vision syndrome.

Udah gitu kalo kita sering di depan layar komputer kita suka jarang kedip makanya mata kita terasa kekeringan "My Eyes" - SpongeBob Squarepants. Dr Keiki Mehta pernah bilang, olahraga mata bisa membantu kemampuan mekanik dan optik mata. "Latihan meningkatkan kestabilan mekanik dari mata dengan mengoordinasikan dan menguatkan otot mata, sehingga meningkatkan kemampuan mata untuk fokus," ujar Dr Keiki, seperti dikutip dari Times of India.


Dr Keiki menjelaskan tiga langkah mudah untuk melakukan olahraga mata, berikut ini:
1. Putar

     Putarlah bola mata searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam secara bergantian. Lakukan setiap 30 menit selama lima menit. Olahraga ini diperlukan jika Anda menatap layar komputer atau belajar terlalu lama.

2. Palming
    Pejamkan mata, lalu tutupi mata dengan kepalan tangan. Tekan sedikit dengan kepalan tersebut tapi jangan terlalu keras. Gerakan ini akan menenangkan mata yang lelah.

3. Fokus

    Fokuskan penglihatan pada objek yang jaraknya jauh dari Anda selama 30 detik. Jaga terus fokus Anda, lalu berkediplan dengan cepat beberapa kali. Setelah itu fokuskan melihat objek yang lebih dekat sekitar 15 detik. Jaga mata tetap fokus, lalu berkediplah dengan cepat beberapa kali. Lakukan latihan ini sebanyak 10 kali agar mata tidak tegang sekaligus menguatkan otot mata.

SUMBER: KASKUS

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak....